Seoultourismmap: [Jepang - Solo Trip] Dua Minggu Di Jepang Dengan Biaya 9 Juta


Finally, solo trip ke Jepang selama xv hari berakhir sudah. Aku sudah menuliskan pengalamanku hari per hari serta biaya yang aku keluarkan di postingan-postingan sebelumnya. Kali ini aku mau merangkum semua biaya yang aku keluarkan selama di Jepang. Termasuk tiket pesawat pulang pergi Denpasar - Osaka, serta biaya paspor dan visa. Perjalanan ke Jepang ini adalah perjalanan pertamaku keluar negeri. Pergi sendiri dan mempersiapkan semuanya sendiri. Ada rasa bangga dan puas tersendiri bisa solo traveling di usia 22 tahun dengan biaya sendiri. Sebenarnya tahun lalu aku tidak terlalu ngotot ingin ke Jepang, tapi ada momen saat ditempat kerja, kliennya bosku mengundang aku kerumahnya di Jepang. Namanya Yoshie, dia suka sekali dengan Bali dan orang Bali. Dia berjanji akan menerimaku dirumahnya saat aku pergi ke Jepang. Atas dasar itulah aku memberanikan diri pergi ke Jepang. Aku bertemu Yoshie xiv desember, dan selang dua minggu kemudian aku mendapat tiket promo Airasia untuk penerbangan bulan akhir bulan maret, tepat saat Sakura akan mekar.

TIKET PESAWAT



Pertama yang aku siapkan adalah mencari tiket pesawat dengan harga promo. Buat kalian yang ingin naik Airasia, bisa coba cek setiap hari harga tiketnya. Karena promo bisa ada kapan aja. Saat itu aku masih belum punya paspor, tapi bener-bener nekat booking tiket pesawat. Karena bisa saja terjadi kekurangan dokumen saat buat paspor dan paspor tidak keluar. Untung saja itu gak terjadi sama aku. Tanggal 23 desember, aku booking tiket dan bayar lewat indomaret (karena gak punya kartu kredit). Bagi kalian yang juga tidak punya kartu kredit bisa baca postinganku sebelumnya [Cara Booking Tiket Tanpa Kartu Kredit]. Harga tiket yang aku dapat adalaha Rp. 4,658,000 sudah harga lastly dan include asuransi sebesar 100,000. 

PASPOR DAN VISA



Setelah mendapat tiket, aku mengurus pembuatan paspor. Semua aku lakukan sendiri. Caranya juga mudah, bisa dilakukan online, hanya perlu datang dua kali ke imigrasi. Untuk lebih lengkapnya baca juga [Cara Membuat Paspor Online Sendiri]. Biaya yang dikeluarkan untuk buat paspor adalah Rp. 360,000. Setelah paspor di tangan saatnya melanjutkan ke tahap berikutnya, membuat visa. Ini adalah tahap yang paling bikin deg-degan. Karena dibandingkan dengan paspor kemungkinan ditolaknya visa lebih besar. Aku mengurus pembuatan visa sendiri. Baca juga [Cara Membuat Visa Jepang Sendiri]. Bersyukur semuanya berjalan lancar, dan akhirnya visa-ku keluar juga. Biaya pembuatan visa kunjungan wisata adalah Rp. 330,000

PENGELUARAN SELAMA DI JEPANG



Sebelum berangkat, aku menukarkan uang sebanyak 4,5 juta, ditukar ke dalam yen menjadi 40,000 yen. Selama di Jepang aku tidak menginap di hotel. Jadi tidak mengeluarkan biaya akomodasi tempat tinggal. Untuk barang bawaan juga aku bawa beberapa snack dan bumbu instan. Baca [Penglengkapan Hemat Solo Traveling Ke Jepang]. Berikut aku akan tuliskan pengeluaran dari hari per hari. Untuk lebih lengkapnya bisa di klik link-nya. Di bawah ini adalah rangkuman dari pengeluaran perhari-hari.

Hari Pertama 1,950 yen
Hari Kedua 2,621 yen
Hari Ketiga 3,196 yen
Hari Keempat 2,712 yen
Hari Kelima - Ketujuh 5,563 yen
Hari Kedelapan - Kesembilan 5,844 yen
Hari Kesepuluh - Kesebelas 9,208 yen
Hari Keduabelas 400 yen
Hari Ketigabelas 2,110 yen
Hari Keempatbelas - Kelimabelas 3,550 yen

PENGELUARAN (YEN)      
22/3 = makan 0/ carry 1,950/ oleh-oleh 0
23/3 = makan 100/ carry 750/ oleh-oleh 1,771
24/3 = makan 0/ carry 1,490/ oleh-oleh 1,706
25/3 = makan 0/ carry 530/ oleh-oleh 2,712
26-28/3 = makan 780/ carry 2,930/ oleh-oleh 1,853            
29-30/3 = makan 240/ carry 2,580/ oleh-oleh 3,024
31/3-1/4 = makan 0/ carry 0/ oleh-oleh 9,208
2/4 = makan 400/ carry 0/ oleh-oleh 0
3/4 = makan 0/ carry 340/ oleh-oleh 1,770
4-5/4 = makan 1,300/ carry 2,250/ oleh-oleh 0

TOTAL
Biaya makan 2,420 yen                 

Biaya transportasi (kereta dan bis) 12,820 yen                            
Biaya belanja oleh-oleh 22,044 yen

Total biaya pengeluaran selama di Jepang adalah 37,154 yen. Dari uang yang aku bawa sebesar 40,000 yen masih tersisa lagi 2,846 yen. Aku lebih banyak ditraktir makan sama teman dan kenalan di Jepang, jadi biaya makan sangat irit dan hemat, hehe. Sedangkan untuk oleh-oleh, uangku banyak terpakai, saking kalap belanja, hehe. Disetiap tempat yang aku kunjungi, pasti beli beberapa souvenir dan oleh-oleh khas disana. 

TOTAL SEMUA PENGELUARAN

Tiket pesawa PP Bali - Osaka = Rp. 4,658,000
Visa dan Paspor = Rp. 690,000
Pengeluaran di Jepang  = 37,154 yen ( Rp. 4,347,000)

GRAND TOTAL = Rp. 9,695,000

Dari biaya tiket, paspor - visa dan biaya hidup dua minggu di Jepang, Sembilan juta setengah. Di Jepang aku banyak banget belanja oleh-oleh makanya biaya membengkak. Bahkan oleh-olehku lagi 8 kg masih di Jepang. Bulan depan temanku ke Bali, dan dia mau bawain sisa barangku. Memang aku beruntung saat itu, karena untuk biaya makan tidak banyak mengeluarkan uang. Serta tidak mengeluarkan duit sepeserpun untuk akomodasi. Tapi sebenarnya, banyak juga hostel murah di Jepang, serta untuk makanan murah bisa beli di konbini (convenient store). Untuk biaya transportasi memang mahal, tapi worth it, karena cepat, aman dan nyaman. Untuk wifi juga bisa ditemukan di swalayan atau mini market. Baca juga: [Internet Dan Transportasi di Jepang].

Sebenarnya jika lebih beruntung lagi, bisa kok dapet harga tiket iv juta. Kemarin aku sempat cek, untuk penerbangan akhir tahun sekitar bulan oktober, ada tiket PP seharga iv juta. Aku juga sudah booking untuk tiket ke Seoul Korea untuk maret tahun depan seharga 3,1 juta. Buat para traveler yang ingin menjelajah negeri orang, ayo siapkan semuanya dari sekarang. Kalau ada niat dan disertai persiapan yang matang, pasti bisa berangkat. Semangat. Seomoga tulisanku ini bisa membantu dan memberi referensi. 

Sumber http://desymoody.blogspot.com/

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari Seoultourismmap: [Jepang - Solo Trip] Dua Minggu Di Jepang Dengan Biaya 9 Juta. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Bali Attractions

BACA JUGA LAINNYA:

Bali Attractions